Jemaah Bersiap Menuju Puncak Haji

Kategori : Artikel Umum, Berita & Informasi, Artikel Agama, Umrah, Haji, Ditulis pada : 23 Juni 2023, 15:49:55

www haji.png

Minarfatour.co.id -Proses pemberangkatan calon jamaah haji (calhaj) dari Embarkasi Banjarmasin ke Tanah Suci telah selesai. Ini terjadi setelah kelompok terbang (kloter) 17 berangkat pada Kamis (22/6) dini hari.

Kloter terakhir naik pesawat sekitar pukul 01.34 Wita dari Bandara Internasional Syamsudin Noor. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 8117 itu dijadwalkan mendarat di Jeddah pada pukul 09.25 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Muhammad Tambrin mengatakan, kloter 17 merupakan campuran dari beberapa daerah, yakni asal Kota Banjarmasin sebanyak 184 orang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (9 orang), dan Kabupaten Tanah Laut (6 orang).

Selanjutnya dari Kabupaten Kotabaru (6 orang), dari Kabupaten Banjar (3 orang), Kota Banjarbaru (2 orang), Kabupaten Tapin (2 orang), Kabupaten Balangan (1 orang), Kabupaten Hulu Sungai Utara (1 orang), dan Kabupaten Barito Kuala (1 orang).

Ada juga masuk dua orang dari Kotawaringin Timur, Kalteng” katanya.

Dengan keberangkatan kloter terakhir, maka total jemaah dari Embarkasi Banjarmasin ada 5.708 orang.

Sedangkan kloternya ada 18,” sebut Tambrin.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin berpesan, agar jemaah fokus pada persiapan Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) atau pelaksanaan puncak Haji.

Ikuti ketua regu atau ketua rombongan dalam melaksanakan ibadah haji, rukun dan wajib haji, supaya semuanya bisa melaksanakan secara maksimal” ucapnya.

Karena suhu di Arab Saudi sangat panas, ia juga mengimbau ketua dan petugas kloter untuk selalu berkoordinasi dengan petugas haji di Makkah, terkait waktu yang pas bagi jemaah dalam mengambil miqat.

Juga saat memasuki Makkah dan ketika akan memasuki Masjidil Haram, harus selalu saling berkoordinasi” katayanya.

Tambrin juga berpesan kepada seluruh jemaah haji Embarkasi Banjarmasin untuk memperbanyak minum air putih.

Sesuai anjuran, satu gelas per jam agar tidak dehidrasi” ucapnya.

Selanjutnya, ia mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan Ibadah Haji kepada jemaah.

Semoga menjadi haji yang mabrur dan umrah yang makbul, disehatkan dan diberkahi dalam menjalankan ibadah haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat” harapnya.

Tidak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada PPIH Embarkasi Banjarmasin 1444 Hijriah dan kepada petugas yang terlibat secara langsung atupun tidak langsung pada proses pemberangkatan Ibadah Haji.

Berkat koordinasi dan kerja sama yang baik kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan petugas dan jemaah haji” katanya.

Sementara itu, Ketua Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin, Dimyati menyampaikan, jemaah asal Kalsel saat ini dalam kondisi sehat di Makkah.

“Cuma ada yang sakit kepala, maag, pegal, kaki melepuh, batuk dan flu,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini jemaah berada di pemondokan di Makkah dan mempersiapkan diri untuk wukuf dan menuju Jamarat.

Sumber  :

https://radarbanjarmasin.jawapos.com/banua/23/06/2023/jemaah-bersiap-menuju-puncak-haji/ 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id