42 Pasien Rawat Inap Telah Dievakuasi ke Makkah dari Madinah

Kategori : Artikel Umum, Berita & Informasi, Artikel Agama, Umrah, Haji, Ditulis pada : 16 Juni 2023, 12:25:29

RS.png

Minarfatour.co.id  - Pergerakan jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah terus berlanjut , termasuk jemaah yang masih dirawat inap karena sakit. Rencananya, seluruh jemaah haji rombongan satu akan berangkat dari Madinah ke Makkah, Jumat (16/6/2023).

Direktur Kesehatan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah dr Thafsin Alfarizi mengatakan, pasien yang dipindahkan dari KKHI Madinah ke KKHI Makkah tersebut memang telah memenuhi kriteria untuk dievakuasi.

“Untuk pemindahan jemaah haji yang sakit tentu yang transportabel akan dievakuasi ke KKHI Makkah,” kata Alfarizi, Kamis malam (15/6/2023).

Menurut Alfarizi, sejauh ini sudah ada 42 jemaah haji yang dievakuasi ke KKHI Makkah. Selebihnya akan dilakukan pada hari terakhir, Jumat (16/6/2023).

"Tanggal 16 Juni semua jemaah haji sudah berada di Makkah untuk gelombang 1," ujar Alfarizi.

Evakuasi atau pemindahan jemaah yang sakit secara bertahap dimulai sejak 9 Juni 2023. Evakuasi dilakukan pada jemaah haji yang kloternya sudah pindah ke Makkah lebih dulu.

Dalam sehari, ada dua kali pemberangkatan jemaah haji yang dievakuasi ke Makkah. Pemberangkatan pertama dilakukan pagi hari dan yang kedua pada malam hari.

"Karena mobil ambulans hanya ada satu kendaraan. Sementara perjalanan dari Madinah ke Makkah dibutuhkan lima jam, sehingga pulang pergi 10 jam belum ditambah istirahat, sehingga sehari hanya dua pemberangkatkan pagi dan malam," kata Penanggung Jawab Evakuasi KKHI Madinah Rikho Ade Putra.

Jemaah yang berangkat dari KKHI dengan ambulans biasanya disediakan kain ihram. Mereka juga dipersilakan untuk shalat sunnah ihram dan akan dipandu tentang niat umrah oleh  KH Achmad Wazir, Konsultan Bimbingan Ibadah Daker Madinah.

Sumber : liputan6.com

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id