199 Jemaah Haji Asal Banjarbaru Berangkat 18 Juni

Kategori : Artikel Umum, Berita & Informasi, Pengumuman, Umrah, Haji, Ditulis pada : 15 Juni 2023, 13:29:35

f3e90293500e509d26d2ffc4ab70841e.jpg

Minarfatour.co.id - Sebanyak 199 jemaah haji asal Kota Banjabaru masuk bagian dari Keberangkatan kloter ke-15 dari Banjarmasin yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 18 Juni mendatang. Artinya, tamu Allah dari kota Banjabaru akan berangkat ke Tanah Suci hanya empat hari lagi untuk menunaikan ibadah haji ke Baitullah.

Embarkasi Banjarmasi, Bagian Pemberangkatan Jemaah PPHI, Rajudin mengatakan, jemaah haji Banjabaru pada hari itu akan bersama ratusan jemaah haji dari dua wilayah lain di Kalsel.

 

Yakni 177 Jamaah Haji dari Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan 4 dari Kota Banjarmasin. “Lalu ditambah 5 orang petugas kloter dan 3 orang petugas haji daerah,” ungkapnya pada awak media, Selasa (13/06) siang.

Total ada 380 orang tamu Allah yang akan berangkat ke Tanah Suci pada hari keberangkatan untuk menunaikan ibadah haji. Oleh karena itu, jemaah yang tergabung dalam rombongan ini diminta mempersiapkan diri sedini mungkin.

 

Baik itu terkait kesiapan fisik maupun mental selama menunaikan rukun islam ke lima ini. “Semua yang masuk dalam kloter 15 ini akan masuk ke Asrama Haji terlebih dahulu sebelum jadwal keberangkatan,” ungkapnya.

Nantinya, selama di asrama para jamaah akan mengikuti berbagai kegiatan yang telah terjadwal dan prosedur tetap (Protap) PPHI Embarkasi Banjarmasin.

 

Rajudin menyebutkan, ada enam tahapan yang harus dijalankan para Jamaah Haji sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Diantaranya adalah pembagian dokumen paspor, pembagian uang living cost, pemasangan pemasangan stiker kursi di pesawat, pemberian gelang tanda pengenal atau gelang identitas, penyerahan kartu identitas atau id card dan pemeriksaan kesehatan.

“Di sela-sela kegiatan, petugas Bea Cukai juga melakukan pemeriksaan barang / koper bagasi  jamaah haji yang terdaftar,” ucap Raju.

 

Selain itu, selama proses pemberangkatan, jemaah diminta melalui pintu X-Ray  yang merupakan pemeriksaan terakhir sebelum pemberangkatan

 “Setelah selesai proses pemeriksaan. Jamaah haji dipersilahkan duduk di dalam Aula Jeddah untuk menunggu acara seremonial pelepasan,” kata Rajudin.

Jemaah akhirnya mengikuti proses pemberangkatan dengan bus dari Asrama Haji menuju Bandara Internasional Syamsudin Noor.

 

Mendekati hari keberangkatan kloter 15,  jamaah kota Banjabaru mendapat pesan khusus dari Wali Kota Banjabaru Aditya Mufti Ariffin.

Aditya ingin Jamaah Haji Kota Idaman fokus untuk memperbanyak ibadah ketika sudah sampai di tanah suci, serta mendoakan masyarakat yang tinggal di Banjarbaru.

“Mohon doakan Kota Banjarbaru dan doakan juga masyarakat Kota Banjarbaru agar mendapat limpahan rahmat, berkat dan kesejahteraan,” pesannya.

 

Aditya kemudian berharap jemaah bisa menjaga diri agar ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan jemaah bisa pulang dengan selamat.

“Yang jelas kami mendoakan supaya jamaah haji kita jadi haji yang mabrur,” tutupnya.

 

Sumber : radarbanjarmasin.jawapos.com

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id