KATERING HAJI DI MEKKAH BERHENTI SEMENTARA PADA 7 & 14-15 ZULHIJAH

Kategori : Artikel Umum, Berita & Informasi, Artikel Agama, Pengumuman, Umrah, Haji, Ditulis pada : 12 Juni 2023, 15:17:20

KATERING.png

Minarfatour.co.id - Kementerian Agama memberikan pengumuman bahwa layanan katering bagi jamaah calon haji di Mekkah akan dihentikan sementara selama tiga hari. Penghentian ini akan terjadi pada tanggal 7, 14, dan 15 Zulhijah 1444 Hijriah.  

“Menjelang dan setelah puncak haji, layanan katering di Mekkah akan berhenti sementara. Tepatnya pada 7 Zulhijah serta 14 dan 15 Zulhijah 1444 Hijriah,” kata Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Arsad Hidayat di Kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah, Minggu.

 

Jamaah diharapkan mempersiapkan makanan mereka sendiri dengan membeli dari pedagang di sekitar hotel karena distribusi katering sulit dilakukan disebabkan kepadatan dan kemacetan jamaah dari seluruh dunia sudah berada di Mekkah.

“Jangankan wilayah yang jauh, kawasan yang dekat hanya sekitar dua kilometer pun harus ditempuh dalam waktu lama. Kalau ada katering, kemungkinan akan terlambat sampai jamaah,” katanya Arsad.

 Penghentian katering ini berlaku juga untuk jamaah lansia, dan mereka perlu mempersiapkan diri sendiri atau dibantu oleh pendamping.

"Ini (penghentian sementara katering) untuk semua termasuk lansia. Mereka harus mempersiapkan diri. Kalaupun lansia tidak bisa mempersiapkan sendiri, maka pendampingnya harus membantu agar jamaah lansia tetap bisa mengkonsumsi makanan," kata Arsad.

 

Pada fase puncak haji yakni tanggal 8 sampai 13 Zulhijah, jamaah akan tetap mendapatkan layanan katering, baik di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

“PPIH telah bekerja sama dengan muassasah/masyariq untuk menyiapkan 16 kali layanan katering pada fase Armuzna,” tegas Arsad.

Jamaah yang kembali ke Mekkah pada tanggal 12 Zulhijah juga belum mendapatkan layanan katering di hotel karena katering masih dipusatkan di Mina. Layanan katering di hotel Mekkah akan mulai diberikan kembali pada tanggal 16 Zulhijah 1444 Hijriah kepada jamaah yang masih memiliki paket katering yang belum terpakai sebanyak 66 kali makan di Mekkah.

“Layanan katering pada hotel di Mekkah akan mulai diberikan kembali pada 16 Zulhijah 1444 Hijriah. Layanan ini akan diberikan kepada jamaah yang belum habis paket kateringnya yang sebanyak 66 kali makan di Mekkah,” kata Arsad.

Sumber : kalsel.antaranews.com

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id